Tips menulis dengan bahasa Inggris

Tips menulis dengan bahasa Inggris

 

 

Ada beberapa tips untuk membantu anda membuat sebuah karangan atau tulisan dengan bahasa Inggris.

  1. Menurut George Orwell: “Never use a long word when a short one will do.”
  2. Menjaga kalimat anda tetap pendek dan memberi tanda baca dengan tepat, jangan panjang dan berbelit.
  3. Menghilangkan kata-kata yang tidak perlu. Ada banyak ungkapan dalam bahasa Inggris yang dapat digantikan dengan kata-kata sederhana untuk menyatakan maksud yang sama. Ini bisa dilakukan sewaktu-waktu. Contohnya “This is a matter which… dapat ditulis dengan “This matter.
  4. Cobalah menggunakan kalimat aktif daripada kalimat pasif.
  5. Point utama dalam peraturan menulis adalah tetap membuatnya simple. Menulis yang baik bukan tentang kerumitan, tetapi tentang menyampaikan pesan dari apa yang anda tulis kepada pembaca. Yang mana akan menuntun kita kepada peraturan selanjutnya.
  6. Tetap memikirkan jumlah pembaca saat menulis. Maksudnya, tetap memikirkan seberapa banyak pembaca yang mengerti dengan tulisan anda.
  7. Hindari sesuatu yang terlalu formal. Itu akan susah dipahami oleh sebagian orang.
  8. Hindari kalimat yang multiple negatives. Mereka akan salah mengartikan dan susah untuk diuraikan.
  9. Kata kerja harus sesuai dengan subject. Dalam bahasa Inggris terdapat Singular Words (bentuk tunggal) dan Plural Words (bentuk jamak). Contohnya “The bus, with all its passengers, were about to overturnini kalimat salah. Sebab di sini subjeknya adalah singular “bus”, bukan kata jamak “passengers”. Oleh sebab itu, kalimat tersebut seharunya, The bus, with all its passengers, was about to overturn.
  10. Gunakan tanda koma untuk menggolongkan beberapa bagian kata dari kalimat yang akan menyimpang dari alur, tapi jangan menggunakan koma untuk menghubungkan independent clauses. Dan selalu perhatikan tanda baca.

 

Sumber: http://www.englishleap.com/

~ by n i w on July 21, 2013.

Leave a comment