Beberapa pertanyaan yang diajukan interviewer saat interview kerja

Berawal dari pengalaman pertama saat interview, ketika itu saya sama sekali belum tahu bagaimana rasanya diinterview saat melamar kerja. Dan sebagaimana orang baru pertama kali melakukan sesuatu, saya melakukan sedikit, atau mungkin banyak, kesalahan dalam menjawab pertanyaan. Belum ditambah rasa nervous dan bahasa tubuh yang salah. Saya pun sharing dengan beberapa teman saya tentang pertanyaan-pertanyaan saat interview. Dan sekarang saya ingin sharing tentang pertanyaan apa saja yang menurut saya paling susah. Mudah kelihatannya, tapi pertanyaan itulah yang menentukan “who we are” di depan interviewer.
Happy reading😀
Bagaimana anda menggambarkan diri anda? Saya seorang
Coba anda ceritakan tentang diri anda? (tentang pendidikan, target yang ingin dicapai, pengalaman, dan latarbelakang pendidikan yang berhubungan dengan posisi yang diinginkan)
Apa kelebihan yang anda miliki? (tergantung jenis pekerjaan yang anda lamar)  menyukai hal baru, cepat belajar, bertanggung jawab,
Apa kelemahan anda? Ungkapkan kelemahan anda sebagai sesuatu hal yang positif 
1. Saya terkadang tidak sabar dan hal itu membuat saya bekerja berlebihan
2. Terkadang saya lupa dengan hal kecil, oleh karena itu saya terbiasa mencatat segala hal dalam sebuat note agar tidak lupa
3. Ketika saya memulai suatu pekerjaan, saya biasanya lupa waktu
Kenapa saya harus mempekerjakan anda? 
1. Karena saya mempunyai skil yang dibutuhkan dan pas untuk mengisi lowongan pekerjaan di perusahaan ini.
2. Karena anda membutuhkan tenaga dan otak saya dan saya membutuhkan pekerjaan dari anda. Just like “take and give”.
3. Karena saya memiliki motivasi kerja yang tinggi.
4. Lalu untuk apa saya harus bekerja pada anda?
5. Karena saya yakin, saya mampu mengerjakan pekerjaan yang anda tawarkan dan juga saya yakin kalau saya lebih kompeten dibandingkan pelamar yang lainnya. Saya juga seorang pembelajar yang cepat serta memiliki motivasi kerja yang tinggi.
Gaji? Karena saya fresh graduated, soal gaji sesuai dengan kebijakan dan ketentuan perusahaan menilai kerja saya. (jika harus menyebutkan nominal, sebutkan kisaran bukan nominal tertentu)
Jika anda diterima bekerja disini, berapa lama anda berencana untuk bekerja?  Saya ingin bekerja untuk waktu yang lama atau selama kedua belah pihak merasa bahwa saya melakukan pekerjaan saya dengan baik
Apakah ada pertanyaan? (harus ADA!!) tanyakan seputar job description, ruang lingkup kerja, dll.
Ceritakan mengenai pekerjaan impian anda? Contoh anda ingin pekerjaan yang dicintai, atmosfir lingkungan kerja yang mendukung, pekerjaan dimana anda bisa menyalurkan kreatifitas, dan inovasi dll
Mana yang lebih baik, uang atau pekerjaan?  Uang selalu penting, tapi pekerjaan adalah yang terpenting atau Pekerjaan!! Karena, dengan pekerjaan, uang akan datang.

~ by N R N on July 21, 2013.

Leave a Reply

 
