Asal Usul Patung Anjing di Shibuya

Asal Usul Patung Anjing di Shibuya, Jepang

 

 

Saya adalah seorang J-Pop. Saya suka hal yang berhubungan dengan Jepang. Jepang mempunyai banyak keunikan. Entah itu budayanya, adat istidat, dongeng legenda dan masih banyak lagi. Kalian semua pasti tahu dengan patung anjing yang terkenal di jepang.

 

 

Waktu itu saya penasaran, kenapa ada patung itu di shibuya? Kenapa harus anjing? Saya cukup sering melihat gambar ini, tapi saya tidak tahu asal usulnya. Saya pun browsing di google dan inilah ceritanya:

Patung itu adalah patung seekor anjing. Kisah fiktif ini bermula dari anjing yang bernama Hachiko milik Profesor Ueno seorang dosen pada Universitas Tokyo yang meninggal pada 21 Mei 1925. Ia merupakan anjing jantan ras Akita Inu kelahiran Odate, Prefektur Akita, Jepang. Setiap pagi dengan setia anjing itu mengantar tuannya ke stasiun kereta. Sorenya, anjing itu akan menjemput di stasiun yang sama. Hingga suatu hari, tuan pemilik anjing itu meninggal di tempat kerja. Tetapi si anjing tidak tahu, dan terus menjemput tuannya setiap sore hingga 10 tahun lamanya.Pada akhirnya Hachiko menjadi dikenal penduduk sekitar Stasiun Shibuya. Banyak orang konon ke situ hanya untuk melihat dengan iba si anjing yang hendak menjemput tuannya yang tak kunjung datang. Sejak tahun 1934, satu tahun sebelum anjing itu mati, di depan Stasiun Shibuya didirikan patungnya.

Kini, tempat tersebut menjadi salah satu icon kota shibuya. Banyak anak muda yang terlihat berdiri, bersandar ke dinding, atau duduk di sekitar patung Hachiko sambil menunggu pasangan kencannya sementara di sekitarnya aktivitas seperti bergerak dengan sangat cepat oleh lalu lalang orang dan hilir mudik kendaraan.

Itulah kisah dari patung anjing di Shibuya, Jepang

~ by N R N on July 8, 2013.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: