Tips pertolongan pertama mengatasi kecelakaan kecil di dapur

Tips pertolongan pertama mengatasi kecelakaan kecil di dapur

Semua orang pasti pernah mengalami kecelakaan kecil di dapur. Seperti terciprat minyak panas, teriris pisau dll. Akan tetapi perempuan mempunyai peluang lebih besar dari pada laki-laki. Karena perempuanlah yang lebih sering di dapur.

Nah ladies…

Kali ini saya memberitahu beberapa pertolongan pertama mengatasi kecelakaan kecil ketika di dapur.

Terciprat air panas

Ini saya alami beberapa waktu lalu. Ketika saya menggoreng nugget yang baru saja dikeluarkan dari freezer. Nugget yang masih membeku langsung saya masukan kedalam wajan. Sejauh-jauhnya saya berdiri di depan wajan, tetap saja, minyak yang menyiprat tepat ke muka saya. Sebenarnya hanya sedikit yang terciprat, tapi kulit terasa terbakar. Dengan segera saya menuju kamar mandi dan membasuh muka dengan air bersih. Ya, tindakan pertama yang paling tepat adalah mengguyur luka dengan air, atau celupkan bagian yang terciprat dalam air. Air dingin akan segera menyerap panas sehingga suhu bagian tubuh yang terciprat akan turun dan tidak akan rusak karena terbakar. Jika kerusakan pada kulit terlanjur terjadi, rendamlah bagian kulit yang terkena minyak panah dalam air bersi. Karena itu akan mempermudah pembersihan luka pada kulit. Odol, kecap, mentega, atau bahan lainnya yang lebih padat dari air, justru akan menahan panas pada luka. Panas yang tak terbuang akan menempel pada kecap, mentega, dan odol yang berubah menjadi minyak. Sehingga kulit anda justru seperti digoreng!

Terpapar Pedasnya Cabai

Mungkin anda pernah tak sengaja mengucek mata dengan tangan setelah memotong cabai. Atau ketika anda mengulek cabai kemudian air cabai menyiprat masuk ke mata kita. Segera cuci tangan anda terlebih dahulu hingga bersih. Kemudian basuh mata dengan air mengalir hingga mata tak terasa perih. Mengucek mata hanya akan menimbulkan iritasi pada mata.

Tersundut Panci Panas

Jika anda tersundut panci panas, awalnya kulit akan memerah, lalu menghitam, dan kemudian menghilangkan bekas di kulit. Untuk mengatasinya, lakukan langkah yang sama seperti terciprat minyak panas.

Tersiram Air Panas

jika anda tersiram air panas, segera celupka bagian tubuh yang tersiram ke dalam air dingin sampai rasa panasnya hilang. Jika tersiram hampir sekujur tubuh, jangan ragu untuk menyeburkan diri ke dalam bak mandi. Isi terus bak dengan air mengalir yang dingin, dan ganti air jika sudah mulai terasa hangat.

Jari Teriris

Segera basuh jari yang terluka dengan air mengalir. Teteskan obat antiseptic pada luka. Setelah darah berhenti keluar, perban luka dengan cukup erat agar kulit menutup dengan rapi. Luka teriris biasanya cepat mengering.

Jari Terpotong

Jika jari terpotong, janganlah panik. Potongan jari masih bisa tersambung. Masukkan potongan jari ke dalam plastic bersih dan kering. Kemudian masukan ke dalam termos yang sudah diisi potongan es batu. Hentikan pendarahan dengan mnyumpalnya dengan kain bersih dan lembut, jangan mengikat jari yang terpotong. Itu hanya akan mengurangi suplai darah. Segeralah ke rumah sakit terdekat yang menyediakan fasilitas bedah.

Terkena Pecahan Gelas

Jika kulit Anda tergores gelas atau keramik, basuh dengan air mengalir dan beri obat tetes antiseptik bila diperlukan. Jika pecahan beling masuk ke dalam jaringan kulit, jangan coba-coba mengeluarkannya menggunakan jarum atau peniti. Sebab, jarum atau peniti tidak cukup steril untuk dipakai sebagai alat bedah. Sebaiknya minta bantuan dokter, perawat, atau bidan yang memiliki peralatan bedah steril untuk membantu Anda.


Gas Bocor

Dapur yang sehat harus memiliki jendela yang cukup untuk sirkulasi udara. Hal ini akan sangat membantu jika terjadi kebocoran gas di dapur. Untuk menghindari kebocoran gas dan kompor meledak, cek secara berkala selang tabung gas dan kait pengamannya. Pada kompor minyak tanah, pastikan kompor benar-benar telah padam usai memasak. Jika api tersulut dari kompor, jangan mematikan dengan air karena minyak yang terbakar akan berada di atas air dan kobarannya akan meluas karena turut mengalir bersama air. Gunakan keset atau kain tebal yang telah dicelupkan ke dalam air hingga basah untuk menutupi api, sehingga api tidak mendapat oksigen dan akan mati. Soda kue, tepung, atau pasir juga bisa mematikan kobaran api, tapi harus dalam jumlah banyak. Prinsipnya sama, yaitu agar tak ada oksigen di dekat api.
Alergi Getah

Pada beberapa orang, getah atau cairan pada jenis sayur dan buah-buahan tertentu bisa menyebabkan alergi dan gatal. Bisa jadi, Anda baru mengetahuinya saat sekujur tubuh terasa gatal-gatal usai memotong bahan-bahan makanan tersebut. Untuk mengatasinya, cuci bersih segera bagian tubuh yang gatal dengan air dingin.

 

*air dingin di sini bukan air es atau air dari kulkas, air dingin yang alami

~ by N R N on September 18, 2012.

2 Responses to “Tips pertolongan pertama mengatasi kecelakaan kecil di dapur”

  1. sangat membantu hehehe^^
    terimakasih🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: